Selasa, 11 Agustus 2009

Konsep Manajemen SDM Berbasis Kompetensi

Konsep Manajemen SDM Berbasis Kompetensi


Posted by : Rakhmi Razali, 11 Desember 2008 20:46:00
Kategori: Kompetensi | Viewed : 789 | Rating:


Kompetensi pada suatu organisasi akan menjadi landasan bagi pengelolaan SDM dalam sebuah perusahaan. Kompetensi akan menjadi kunci untuk penerapan strategi organisasi melalui orang-orang yang ada dalam organisasi. Penerapan pengelolaan SDM berbasis kompetensi akan memungkinkan adanya pendekatan yang terintegrasi dalam sistem manajemen SDM.

Bagaimana konsep kompetensi yang terintegrasi dan terfokus pada kinerja yang superior mempengaruhi setiap sistem manajemen SDM yang lain, hal ini dapat kita lihat sebagai berikut:

REKRUTMEN DAN SELEKSI;
untuk dapat merekrut karyawan yang tepat pada sebuah organisasi/perusahaan, diperlukan adanya persyaratan kompetensi yang jelas pada setiap jabatan yang akan direkrut atau diseleksi. Disisi lain pemilihan metode assesment/seleksi yang tepat juga akan mampu memilih karyawan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.

Menghidari kesalahan dalam merekrut calon karyawan berarti mengurangi biaya yang tidak perlu akibat kesalahan dalam proses rekrutmen. Sebagai tambahan bahwa ketepatan merekrut karyawan akan menentukan keberhasilan organisasi.

PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN;
Pelatihan dan pengembangan yang berdasarkan kompetensi akan dapat membantu organisasi untuk lebih fokus pada pengembangan kompetensi yang dibutuhkan organisasi dalam meningkatkan kinerja. Selain itu, penerapan pelatihan dan pengembangan karyawan berbasis kompetensi juga akan membantu organisasi dalam menetapkan program pelatihan dan pengembangan yang lebih terarah.

PEMBINAAN KARIR;
Dengan menggunakan sistem kompetensi, perusahaan akan lebih mudah dalam mengidentifikasi dan mengembangkan karyawan yang memiliki kompetensi tinggi. Dengan demikian pengambilan keputusan dan pelaksanaan promosi atau mutasi akan lebih tepat dan mempunyai dasar yang kuat. Hal tersebut sangat penting karena kejelasan pembinaan karir diyakini akan meningkatkan motivasi karyawan dalam meningkatkan kinerja.

MANAJEMEN KINERJA;
Sistem pengelolaan SDM berbasis kompetensi akan membantu organisasi untuk fokus pada pengembangan kompetensi oragnisasi/perusahaan sebagai pembeda daya saing dari organisasi lain. Secara keseluruhan akan meningkatkan kinerja organisasi, karena kompetensi yang dikembangkan dapat memprediksi kinerja organisasi.

REMUNERASI
Memperjelas sistem penghargaan dan remunirasi dengan memberikan imbalan bagi kompetensi yang ditunjukkan oleh anggota organisasi, akan mampu memotivasi karyawan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerjanya. Selain itu memperjelas kaitan antara imbalan atau penghargaan dengan kinerja, dimana penghargaan yang lebih baik akan diterima oleh orang yang menunjukkan kompetensi
dan kinerja yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar