Selasa, 11 Agustus 2009

Manajemen Sumber Daya Manusia

Bicara tentang sumber daya manusia tentu tidak lepas dari manusia-nya itu sendiri beserta dengan atribut-atribut uniknya mulai dari aspek fisik hingga aspek psikologis. Satu hal yang paling menonjol dari manusia adalah makhluk yang komunal, dimana setiap individu selalu membutuhkan individu yang lain untuk saling berinteraksi.

Nah, secara garis besar sangat penting sekali mempelajari segala sesuatu tentang manusia dengan tujuannya masing-masing baik untuk meningkatkan efektifitas organisasi di sektor pemeritahan, swasta maupun perusahaan. Berbagai disiplin ilmu telah menyumbang penelitian tentang manusia mulai dari psikologi, sosiologi, antropologi dan lain sebagainya. Di lingkungan akademik, penelitian-penelitian semacam itu sangat diperlukan sekali guna mengembangkan kompetensi peserta didik, biasanya diwujudkan dalam bentuk laporan karya tulis berupa Tugas Akhir, Tesis, Disertasi dan lain sebagainya.

Tesis sendiri secara harfiah adalah karya tulis dari hasil studi sistematis atas masalah. Tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi. Orisinalitas dari tesis harus nampak, menunjukkan pemikiran yang bebas dan kritis.

Tesis bersifat argumentatif dan dihasilkan dari suatu proses penelitian yang memiliki bobot orisinalitas tertentu. Biasanya penulisan tesis mensyaratkan hal-hal sebagai berikut :

Kejelasan argumen.

Bobot argumentasi .

Kemudahan untuk difahami setidaknya oleh komunitas akademis .

Kegunaan praktis untuk masyarakat dan profesi.


Tesis senantiasa mengasumsikan adanya argumentasi teoritis tertentu yang diacu. Penelitian tesis sendiri berupa pengajuan suatu teori baru, pengujian penerapan teori, assessment teori yang telah didokumentasikan. Argumentasi harus jelas dan eksplisit jadi akan menambah pengetahuan pembaca. Argumentasi yang disajikan dengan bagus, tercermin dari kajian litaratur dan data pendukung.

Sayangnya, keterbatasan materi dan referensi penulisan tesis menjadi kendala tersendiri bagi mahasiswa. Sementara rentang waktu yang disediakan oleh pihak universitas biasanya tidak sebanding dengan topik penelitian yang diambil oleh mahasiswa atau dengan kata lain waktunya tidak mencukupi. Disisi lain penulisan tesis di sebagian besar universitas menjadi syarat mutlak kelulusan bagi para peserta didiknya.

Menyikapi kondisi tersebut, kami menyediakan solusi bagi anda.Disini kami menyediakan contoh tesis khusus mengenai topik Manajemen Sumber Daya Manusia, untuk anda jadikan referensi sebagai bahan penulisan tesis anda.

Dengan semakin banyak referensi, contoh penulisan dan materi tentu saja semakin terbantu anda dalam menyusun tesis khususnya untuk topik Manajemen Sumber Daya Manusia. Sehingga proses penyusunan tesis anda bisa menjadi lebih cepat, hemat waktu, tenaga dan biaya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar